Iklan

Bupati dan Wabup Kompak Launching Tanah Datar di Ujung Jari



Batusangkar (STD). Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat serius dalam melakukan perbaikan dan pembenahan pelayanan publik agar dapat memberikan manfaat, kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat, karena Pelayanan Publik merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan pemerintah.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra pada acara launching pelayanan publik Tanah Datar di Ujung Jari, Kamis (27/5/2021) di aula Kantor Wali Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto yang juga turut dihadiri Wabup Richi Aprian, kepala OPD, Camat se Tanah Datar, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


"Sebagai bentuk keseriusan itu, telah menuangkan mengenai pelayanan publik ini dalam misi Kabupaten Tanah Datar 2021-2026. Salah satu dari 6 misi tersebut adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien," kata Bupati Eka.

Dan bahkan, tambah Eka Putra lagi, untuk mewujudkan Misi ini telah disusun 10 Program Unggulan yang menjadi prioritas. " Dari 10 Program Unggulan, salah satunya, pada poin ke 4, peningkatan layanan administrasi kependudukan untuk wilayah yang jauh dari ibukota kabupaten," ungkapnya.


Disebutkan lagi, salah satu cara dan solusi yang diberikan Pemkab Tanah Datar agar masyarakat yang berada cukup jauh dari pusat pelayanan adalah dengan menghadirkan sebuah konsep yang dinamakan Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari.

“Pelayanan Publik Tanah Datar di Ujung Jari adalah untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat di seluruh nagari baik pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan, sehingga masyarakat dapat menerima pelayanan yang diberikan pemerintah daerah hanya dari rumah melalui telepon pintar atau smart phone saja," tambah Eka Putra.


Kemudian Eka Putra juga menyampaikan, program yang dimulai dari kecamatan x koto, dan nantinya akan terstandarisasi ke seluruh nagari di 14 kecamatan di kabupaten Tanah Datar. "Mari kita dukung dan doakan, agar rencana kita ini diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT," tukasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kepala Bagian Organisasi Setda Adriyanti Rustam menyampaikan, peluncuran program ini agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Batusangkar.

"Masyarakat tidak perlu meninggalkan pekerjaannya, mengeluarkan biaya,tetapi cukup hanya sampai ke kantor wali nagari, lengkapi bahan-bahan yang diperlukan sehingga mempercepat penyelesaian urusan, ataupun bisa dari rumah saja," ujarnya.

Selepas itu dilanjutkan dengan simulasi langsung pelayanan kepada masyarakat yang tidak membutuhkan waktu lama dari Dinas Dukcapil, PMPTSP Naker dan Dinas Kesehatan. (fjr)
Diberdayakan oleh Blogger.